Apa AMDAL Benar-Benar Diaplikasikan?

Jumat, 23 Juli 2010 Label: , ,
Apa yang melatarbelakangi Milzam memposting dengan judul seperti ini?

Seperti yang kita tahu, Indonesia (terutama Jakarta) adalah penduduk yang berada dalam peringkat 10 terbesar sedunia. Namun begitu, pabrik-pabrik tetap saja berdiri begitu banyak di Jakarta dan kota-kota lainnya. Berdirinya pabrik-pabrik itu harus berlandaskan AMDAL juga. Tapi sadarkah teman-teman, bila AMDAL dengan benar dilakukan, kondisi Indonesia setidaknya tetap seperti sediakala, tidak memburuk. Tapi ketersediaan pangan kita terus berkurang. Swasembada pangan menjadi kekurangan? tidak, mudah-mudahan. Nah, apa AMDAL benar-benar diaplikasikan?

Sebenarnya, Apa AMDAL itu?
AMDAL adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanalan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan suatu usaha dan/atau kegiatan. (ucupneptune.blogspot.com)

Apa AMDAL benar-benar diaplikasikan?
Milzam akan membawa satu atau dua (mungkin tiga atau empat) fakta tentang kenyataan pengaplikasian AMDAL.

"...Banyak yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja AMDAL tanpa harus melakukan perubahan secara keseluruhan terhadap sistem. Kekuatan dari studi kasus adalah bahwa mereka menunjukkan bagaimana hal ini dapat tercapai secara praktis, memberikan tantangan secara implisit terhadap pihak lain untuk mencapai standar yang sama. Contoh yang paling baik ditemukan dalam kaitannya dengan: pelingkupan lingkungan.
Namun terdapat bebrapa kasus AMDAL yang tidak berjalan sesuai yang diharapkan, hal tersebut terjadi karena kurangnya tanggung jawab bagi pengelolah AMDAL itu sendiri dan kurangnya perhatian berbagi pihak yang berada diwilah tersebut, termasuk kepekaan masyrakat." (ladongiscientist.blog.com)

sebenarnya ada satu lagi yang menyinggung tentang AMDAL, berhubung Milzam tidak bisa membuka situsnya (barangkali internetnya sedang lelet), maka teman-teman bisa buka sendiri situsnya. Klik di sini.

Opini Milzam:
"Menurut Milzam sendiri, AMDAL itu tidak sepenuhnya dilakukan. Milzam berbicara seperti itu bukannya Milzam sangat kompetitif dalam bidang tersebut, melainkan dengan adanya fakta bahwa pabrik didirikan di samping sawah, Milzam berani berkata seperti itu."

Jadi...
Apa AMDAL benar-benar diaplikasikan?

2 komentar:

alfi rohman mengatakan...

Dukomen AMDAL pasti disusun secara Profesional.
Namun, pelaksanaannya tidak Profesional.
"Apa Kata Dunia" haha...

milzam sutisna mengatakan...

benar kak Alfi, apa kata dunia kalo begini? haha..

Posting Komentar

Milzam membutuhkan komentar teman-teman sekalian :D

 
Jurnal Milzam © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates